Sumber Daya Alam untuk Pemberdayaan Masyarakat

Yayat Hidayat SPd Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya

SET.DPRD – Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Hidayat SPd mendorong pemanfaatan dan pemberdayaan potensi alam menjadi sumber kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya.

Secara khusus, Legislator DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Partai Gerindra ini berupaya mendorong masyarakat di daerah pemilihan (dapil) V, yang meliputi Cikalong, Cikatomas, Karangnunggal, Pancatengah ini, untuk lebih produktif dengan memanfaatkan potensi alam.

“Kondisi hari ini meskipun ada alam yang berpotensi, masyarakat di daerah khususnya, belum peka terhadap apa yang menjadi potensi. Kalau peka, tidak akan ada lagi pagi-pagi orang itu menunggu penjual sayur, karena sayuran itu bisa ditanam melalui lahan miliki masyarakat yang sampai saat ini belum termanfaatkan secara optimal,” kata tokoh kelahiran Tasikmalaya, 9 Januari 1968 ini.

Dengan begitu, melalui aspirasi masyarakat, saat ini Yayat lebih mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat agar lebih produktif. “Masyarakat jangan sampai ketergantungan karena sumber daya alam yang subur, dengan peribahasa tongkat kayu dan batu jadi tanaman,” kata tokoh yang juga Ketua Pansus Perda Air Minum Tirta Sukapura ini.

Melalui pemberdayaan masyarakat dengan mengoptimalkan sumber daya alam, kata Yayat, yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra ini akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, minimal untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu, Yayat bersama rekan-rekannya di Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya terus mendorong pemerintah agar lebih fokus dalam pertanian dan ketahanan pangan masyarakat, khususnya memulihkan ekonomi pascapandemi Covid-19. “Termasuk dalam pemberian bantuan selain bantuan, dana juga ada pembinaan berkelanjutan,” kata Yayat menyarankan.

Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra ini juga terbiasa menyamakan frekuensi dengan masyarakat agar terjadi keseimbangan merealisasikan kebutuhan atau aspirasi masyarakat, sehingga berefek kepada pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya, seperti meningkatkan indeks pembangunan manusia, pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Itu berlaku untuk bidang apa pun kebutuhan masyarakat dan keseimbangan itu terus saya dorong agar terealisasi… yang pada akhirnya bermuara kepada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya,” kata tokoh Tasikmalaya ini, ramah. (ujg) (sumber-Radartasik.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.