Menjadi Penyambung Suara Masyarakat dengan Eksekutif

BERSEMANGAT. H Gumilar Akhmad Purbawisesa SIP, anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari PKB bersemangat saat di sebuah kegiatan legislatif beberapa waktu lalu.

H Gumilar Akhmad Purbawisesa SIP menjadi penyambung lidah masyarakat dan jembatan antara masyarakat dengan eksekutif. Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini menyampaikan aspirasi masyarakat untuk direalisasikan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Gumilar menjelaskan, sebagai anggota dewan, dia menampung aspirasi masyarakat melalui reses, kunjungan langsung kepada masyarakat atau masyarakat mengirimkan pesan kepadanya melalui Whatsapp.

“Saya warga Salopa, dan saya setiap hari berada di Salopa, makanya aspirasi itu datang setiap hari kecuali saya sedang berada kantor. Dan itu cara saya langsung turun dan melalui pesan singkat seperti Whatsapp untuk menampung aspirasi masyarakat,” kata legislator DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.
Sebagai anggota dewan, menurutnya, dia bukan sebagai eksekutor dalam sebuah realisasi keinginan atau aspirasi masyarakat.

“Kita upayakan walaupun hanya sebagai penyambung lidah (masyarakat), karena eksekutor itu ranahnya itu ada di eksekutif. Yang penting kita terus berusaha menyampaikan keinginan masyarakat,” ujar anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.

Salah satu contohnya. Saat ini dia tengah memperjuangkan perbaikan infrastruktur jalan, khususnya jalan utama di daerah pilihannya (Dapil) IV.

“Apalagi yang paling parah dan saat ini memerlukan perbaikan yakni di Kecamatan Salopa,” ujarnya. “Untuk Kecamatan Jatiwaras sudah bagus, Gunungtanjung apalagi 75 persen bagus, termasuk Manonjaya sudah bagus,” ujar tokoh muda kelahiran Tasikmalaya, 19 September 1987 ini.

Untuk perbaikan jalan protokol atau utama Kecamatan Salopa itu, Gumilar berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Tasikmalaya, khususnya dengan Bidang Jalan. “Informasi yang saya terima di tahun 2021 ini ada program perbaikan Jalan Salopa ini, dari bantuan Provinsi (Jawa Barat).

Walaupun saat ini belum adanya realisasi untuk perbaikan jalan itu,” ujarnya menjelaskan.
Namun demikian, dia melihat sudah ada pengukuran di Jalan Salopa tersebut. “Mudah-mudahan segera diperbaiki,” kata dia berharap.

Selain berjuang menyambungkan keinginan rakyat dengan pemerintah, sebagai anggota dewan, Gumilar juga melakukan pemberdayaan masyarakat di daerah pemilihannya.
“Salah satunya saat ini saya terus mendorong pemberdayaan masyarakat di tingkat Dapil dengan terus memberikan pembinaannya, karena jangan sampai program ini hilang begitu saja setelah adanya bantuan,” ujar Gumilar menjelaskan.

Di daerah pemilihannya, di Dapil IV, yang meliputi Salopa, Jatiwaras, Cineam, Karangjaya, Manonjaya dan Gunungtanjung itu, dia tengah fokus memberdayakan masyarakat dalam bidang peternakan, karena bidang tersebut yang potensial dikembangkan. “Itu terus kita optimalkan,” ujar tokoh muda ini. (ujg) (sumber-Radartasik.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.