Menjadi Ketua RT, Lebih Dekat dengan Masyarakat

BERSAHAJA. Saat di DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Drs H Ending Sunaryo MM adalah Ketua Fraksi Partai Golkar. Sementara saat berada di rumah, dia adalah ketua RT yang bersahaja.

SET.DPRD-Bersahaja dan merakyat. Itulah gambaran Drs H Ending Sunaryo MM. Saat berada di rumah, dia adalah ketua RT. Tokoh kelahiran Tasikmalaya, 26 April 1956 telah lebih 30 tahun mengabdikan diri mengurus masyarakat Desa Barumekar Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya menjadi RT sudah sejak tahun 1990 sampai saat ini. Berarti sudah 30 tahun lebih,” ujar Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.
“Saat itu saya juga sudah menjadi camat,” kata Ketua RT 3, RW 1 Desa Barumekar Kecamatan Parungponteng ini.

Jabatan RT itu tetap H Ending jalankan meskipun telah menjadi legislator, karena sedikit banyak, dia bisa membimbing dan memajukan kampung halaman. H Ending pun bisa terus menjaga spirit masyarakat di desanya untuk terus maju.

“Jadi kenapa saya tidak mau meninggalkan jabatan RT ini, yang pertama tuntutan dari masyarakat selama masih mampu,” kata dia, ramah.

Politisi senior, yang juga Ketua Harian DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya ini, mengaku bisa membagi waktu antara jabatan ketua RT dan legislator di DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Drs H Ending Sunaryo MM Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Tasikmalaya

Dia memiliki cara efektif saat mengabdi menjadi RT. Misalnya, saat pemungutan Pajak Bumi Bangunan (PBB). Blangko PBB atau tagihan PBB, dia bagikan kepada masyarakat setelah salat Jumat.

Jadi, saat masyarakat melaksanakan pengajian rutin, mereka membayar PBB, kala mau pulang. “Sehingga di ke RT-an kami ini bayar PBB tidak lebih dari tiga hari,” kata tokoh senior Partai Golkar ini.

Dengan menjadi ketua RT, dia mengetahui aspirasi masyarakat, karena mereka lebih terbuka. Kebutuhan masyarakat itu pun dia bawa ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya untuk ditindaklanjuti. “Intinya lebih dekat dengan masyarakat, mengetahui keinginan sebenarnya masyarakat untuk didorong di DPRD,” ujar dia.

Dengan begitu, aspirasi kebutuhan masyarakat juga langsung sampai kepadanya langsung dan tidak melalui orang lain.

“Ini langsung dan saya pun bisa langsung melihat kondisi lapangan,” kata Ending menjelaskan.
Ending berharap, dengan dirinya menjadi ketua RT bisa terus membangun kampung halaman. Termasuk menyosialisasikan program-program pemerintah, seperti pencegahan Covid-19 dan vaksinasi.

“Mudah-mudahan lebih maju, aspirasi atau keinginan masyarakat bisa terpenuhi, seperti infrastruktur dan pelayanan lainnya,” kata tokoh senior ini berharap. (ujg) (sumber-Radartasik.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.