Pekerjaan Rumah Ade Sugianto—Cecep Nurul Yakin

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Apip Ifan Permadi menyadari bahwa pasangan Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin menghadapi banyak pekerjaah rumah. Ia yakin keduanya mampu, karena memang mereka putra terbaik Kabupaten Tasikmalaya.

SET.DPRD—Wakil Ketua DPRD, Apip Ifan Permadi mengucapkan selamat bertugas dan bekerja kepada Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin. Keduanya resmi menjadi Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya per hari Senin (26/4/2021).

Apip sendiri menyaksikan prosesi pelantikan Ade-Cecep secara virtual di aula pendopo baru, kompleks perkantoran Bupati Tasikmalaya. Di sana hadir jajaran Forkopimda dan sejumlah undangan lainnya.

Di samping menyelamati, politisi PPP itu juga mengingatkan bahwa banyak pekerjaan yang menunggu setelah Pilkada. Karena prosesnya sendiri cukup panjang.

“Pertama, tentu saja menyamakan lagi langkah. Karena kawan bersaing pada Pilkada kemarin ada tiga pasang, beserta para pendukungnya. Saya harap Pak Ade dan Pak Cecep bisa segera merangkul semua kekuatan itu,” ujar Apip.

Bagi Apip, kekuatan penuh akan sangat penting demi Kabupaten Tasikmalaya. Pasalnya, ada banyak masalah yang belum selesai. Terutama sisa-sisa dampak dari pandemi Covid-19.

Permasalahan sosial dan ekonomi yang praktis hampir terhenti selama satu tahun terakhir, katanya, akan menjadi tugas berat. Bukan hanya bagi pemerintah daerah, melainkan juga bagi DPRD.

Masih banyaknya kekosongan pejabat eselon II juga masalah. Paling tidak dapat menghambat keterlaksanaan perintah bupati di lapangan. Karena pejabat eselon II itulah yang diharapkan mampu mengambil keputusan.

Masalahnya, berdasarkan konstitusi, bupati belum memiliki kewenangan untuk mengisi kekosongan itu dalam tempo enam bulan ke depan. Kecuali jika Mendagri memang menerbitkan izinnya.

“Pak Bupati segeralah ambil langkah, bahwa itu yang paling pertama harus segera diselesaikan. Kalau seizin Mendagri, katanya sih, bisa. Tentu saja dibutuhkan lobi tingkat tinggi ke tingkat pusat,” tambahnya.

Kalaupun mengambil skala prioritas dari sekian banyak pekerjaan rumah, menurut Apip, sektor ekonomi mesti didahululan. Karena sektor ini yang paling parah, akibat sempat lumpuh hampir setahun.

“Saya berharap mereka berdua segera menata dan membangkitkan kembali ekonomi Kabupaten Tasikmalaya hingga segera naik. Saya meyakini mereka putra terbaik yang dapat segera menuntaskan pekerjaan rumah yang super banyak ini,” tandasnya. (Sumber-kabarparlemen.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.