Fraksi PAN Bukan Hanya Apresiasi Pemkab, Tetapi Juga Para Camat dan Kepala Desa

Juru bicara Fraksi PAN, Mamat Rahmat membacakan pandangan umum fraksinya terkait LKPJ Bupati Tasikmalaya tahun anggaran 2020.

Set.DPRD—Dalam mengemukakan pandangan umumnya, di tengah rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya terkait LKPJ Bupati Tasikmalaya tahun anggaran 2020; Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) bukan hanya mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab), tetapi juga sampai pemerintah level bawah.

Fraksi PAN menilai Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah menajabarkan misi “Mewujudkan masyarakat beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah, dan berkualitas” ke dalam berbagai kegiatan dan program pembangunan; baik secara langsung maupun tidak langsung, sesuai kondisi dan kebutuhan daerah dan masyarkat.

Fraksi PAN juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 atas keberhasilannya meningkatkan Indek Prestasi Manusia (IPM); baik sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun kesejahteraan masayarakatnya. Hal tersebut wujud kemajuan dan prestasi pembangunan yang mesti diakui dan didorong; supaya ke depan lebih meningkat lagi.

Pasalnya, pembangunan sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kesejahteraan masayarakat sangat diharapkan masyarakat di pedesaan, karena langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh masayrakat; khusunya petani dan buruh tani sebagai sektor penyumbang angka kemiskinan terbesar di Kabupaten Tasikmalaya.

Terkait realisasi pendapatan anggaran tahun 2020, yang cenderung mengalami kenaikan dari rencana dan target anggaran pendapatan; bagi Fraksi PAN tidak luput dari kinerja pemerintah dalam mengelola sistem belanja dan pendapatan daerah dalam pembiayaan pembangunan daerah.

Dalam kata lain, Faksi PAN memandang hal tersebut merupakan bukti dari upaya nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam menyusun perencanaan dan kebijakan pembangunan; yang harus didorong supaya tingkat pencapaiannya betul-betul sesuai taraget dan sasaran.

Di samping itu, Fraksi PAN juga mengapresiasi semua Camat dan Kepala Desa se- Kabupaten Tasikmalaya yang telah menjalanakan tugasnya,  serta berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan yang berorientasi pada peningkatan pelayanan ekonomi dan pendidikn serta infrastruktur pedesaan. Ke depan Fraksi PAN meminta kepada semua Camat dan Kepala Desa untuk lebih pro aktif dalam menjemput berbagai program pembangunan pedesaan.

Terlepas dari semua itu, Fraksi PAN menilai bahwa masih ada serapan dan realisasi anggaran serta proses pelaksanaannya yang mengalami keterlambatan. Mulai dari pengesahan anggaran sampai pelaksanaan yang selalu mengalamai jeda panjang, akhirnya memperlambat laju pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk itu, Fraksi PAN meminta Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dapat melaksanakan semua rangkaian pembanguan dari mulai perencanaan, panganggaran, hingga pelaksanaannya dengan menggunakan efesiensi waktu. Supaya bisa lebih mempercepat gerak pembangunan yang bisa dirasakan masyarakat. (Sumber-kabarparlemen.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.