Wakil Ketua DPRD Mencari Solusi Untuk UMKM Terdampak Wabah Virus Corona

Kab.Tasikmalaya – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Cecep Nurul Yakin mencari solusi terbaik bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Tasikmalaya akibat terkena dampak wabah virus Corona.

Cecep Nurul Yakin bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, H. Nana Rukmana beserta jajarannya menggelar diskusi terbatas di Kantor Disperindag Kabupaten Tasikmalaya.

Diskusi terbatas itu dilakukan untuk mencari solusi bagaimana para pelaku UMKM di Kabupaten Tasikmalaya tetap berjalan di tengah gempuran Covid-19.

“Kami terus bergerak mencari solusi terbaik bagi masyarakat utamanya para pelaku UMKM. Jangan sampai mereka berhenti. Makanya kami berdiskusi dengan para pejabat Diskoperindag untuk mencari solusi terbaik,” kata Kang Cecep yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya.

Kata politisi muda itu, pemerintah daerah harus berani melakukan terobosan yang sifatnya bisa membantu para pelaku UMKM. Salah satunya dengan memberdayakan para pelaku UMKM yang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini.

“Bisa saja para pelaku UMKM diberdayakan untuk memproduksi APD dan masker yang kondisinya saat ini sangat langka. Tentu dengan standar yang bagus sesuai dengan yang ditetapkan Dinas Kesehatan,” katanya Kamis (9/4/2020).

Potensi lainnya bisa dengan membuat program padat karya. Dimana para pelaku usaha yang sebelumnya bekerja di luar daerah dan pulang kampung diberdayakan. Jangan sampai mereka menjadi penngguran baru dan menjadi warga miskin baru.

“Kami DPRD terus bergerak mencari solusi terbaik bagi masyarakat. Sejatinya kami tidak ingin dampa Corona ini menyusahkan masyarakat dan melahirkan warga miskin baru. Berbagai cara kami lakukan demi masyarakat,” ujarnya.

Kang Cecep mengakui pihaknya terus mendorong pemerintah agar memanfaatkan anggaran yang ada untuk mengantisipasi dampak wabah Corona dengan melahirkan program yang efektif dan tepat sasaran.

Jangan sampai anggaran yang ada malah dimanfaatkan untuk hal yang sifatnya tidak menyentuh masyarakat yang terkena dampak Corona. Sedangkan yang terkena dampak paling parah malah tidak tersentuh.

“Kita harus bisa keluar dari situasi seperti ini sebagai seorang pemenang. Makanya segala upaya kami tempuh,” ucapnya lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.