Wakil Bupati Penting untuk Saling Menunjang Kinerja Pemerintahan

Banyak dari anggota dewan yang berpandangan, bahwa jabatan Wakil Bupati (Wabup) sangat penting untuk segera diisi. Pertimbangannya, antara lain, demi kondusivitas kinerja pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Sebab bupati seorang tidak mungkin dapat menangani semua agenda di Kabupaten Tasikmalaya.

ANGGOTA dewan yang mendesak segera dilakukan pengisian jabatan Wabut, antara lain, H. Ruhimat selaku Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan Ami Fahmi ST selaku Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Ruhimat, peran orang nomor dua di Kabupaten Tasikmalaya akan sangat penting dalam menunjang kinerja pemerintahan. Dalam arti, jika sesekali bupati berhalangan untuk menghadiri suatu agenda, maka wakilnya dapat menggantikan.

“Sekarang rapat paripurna yang sudah diagendakan harus batal karena bupati tidak hadir. Jadi, di sini peran Wabup sangat penting. Ketika bupati tidak bisa hadir kan Wabup yang bisa menghadirinya,” ujarnya.

Alasan Ami Fahmi senada dengan Ruhimat. Ami bahkan sampai menyatakan rasa kecewanya, karena dibatalkannya sidang paripurna. Sebab anggota dewan dari semua fraksi sudah hadir, sementara dari pihak eksekutif tidak satu pun yang datang, termasuk pelaksana harian sekretaris daerah.

Adapun agenda rapat paripurna yang mesti dibatalkan itu; tentang pandangan umum fraksi-fraksi terhadap empat buah Ranperda, tanggapan dan jawaban fraksi-fraksi DPRD terhadap tanggapan atau jawaban bupati tentang Ranperda, serta usulan insiatif DPRD tentang penyelenggaraan pendidikan.

“Maka dari itu, keberadaan Wabup ini sangat penting untuk momen-momen seperti ini. Sehingga, ketika bupati tidak bisa hadir, ada Wabup yang menggantikannya, dan tak sampai membatalkan agenda,” tuturnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.