Wajah-Wajah Baru Diprediksi Mengisi DPRD Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA—Untuk melihat siapa saja yang mungkin akan mengisi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya, berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, masing-masing partai peserta Pileg sudah melakukan penghitungan mandiri. Berdasarkan perhitungan tersebut, beberapa partai mengkonfirmasi kalau terdapat wajah baru yang akan mengisi kursi DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024.

BERDASARKAN informasi dari beberapa pengurus partai, masing-masing partai tampaknya melahirkan politisi baru yang berhasil lolos ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Meskipun ada juga beberapa nama lama yang akan kembali mempertahankan kedudukannya.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sebagaimana diungkapkan Dedi Kurniawan, ST., MM selaku Sekretaris DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya; memunculkan dua wajah baru. Selain dirinya (Dedi) dari daerah pemilihan (Dapil) dua, ada juga Ucu Dewi Saripah dari Dapil tiga.

Begitu juga dengan Partai Demokrat. Menurut Ferry Willyam, ST., Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya, ada dua wajah baru yang besar kemungkinan menang berdasarkan penghitungan sementara partai politik. Keduanya adalah Candra dan Muhammad Sulton Maliki. Menurut Ferry, kedua caleg baru tersebut berhasil meraih suara terbanyak karena mempunyai kapasitas serta mumpuni dari sisi pengalaman dan intelektual.

Di lain pihak, Yane Sriwigantini, Pengurus DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, menjelaskan bahwa wajah baru dari pihaknya yang kemungkinan besar mengisi kursi di DPRD adalah Mamat Rahmat dari dapil tiga.

H. Demi Hamzah Rahadian SH., MH., Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya; mengungkapkan bahwa dalam penghitungan sementara pihaknya meraih enam kursi, tiga di antaranya adalah caleg baru. Yaitu Ai Diantani, Nanang Romli, dan Ucu Sobandri.

Dari Partai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebagaimana disampaikan Ketua Fraksi PKB Kabupaten Tasikmalaya, Jejeng Zaenal Muttaqin; dari delapan kursi yang diraih, tiga diantaranya akan diisi oleh wajah baru. Antara lain Asep Muslim, Acep, dan Gumilar Akhmad Purbawisesa.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga tidak terlepas dari kemungkinan munculnya wajah baru. Asop Sopiudin, Ketua Fraksi PPP Kabupaten Tasikmalaya, mengatakan bahwa ada ada dua Caleg baru yang akan mengisi DPRD. Sisanya masih akan diisi oleh wajah-wajah lama. Wajah baru yang dimaksud adalah Zenzen Muttaqin dan Cecep Nurul Yakin.

Perolehan kursi DPRD Kabupaten Tasikmalaya Partai Golongan Karya (Golkar) memang tidak berubah dari sebelumnya. Tetap bertahan di tujuh kursi. Namun, dua kursi di antaranya akan diisi oleh wajah baru. Yaitu Aang Budiana dan Asep Saepuloh.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) merupak penyumbang wajah baru Caleg DPRD Kabupaten Tasikmalaya paling banyak. Lonjakan perolehan suara dari empat kursi menjadi sembilan kursi jelan menjadi faktor utama. Menurut H. Cecep Ruchimat (HCR), Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, berdasarkan penghitungan sementara partainya, lima di antara sembilan orang yang akan mengisi kursi DPRD Kabupaten Tasikmalaya adalah wajah baru. Mereka adalah Dadang Rahmat Alfaruq dari Dapil 7, Deni Daelani dari Dapil 4, Asep Sopari Al-Ayubi dari Dapil 5, Yayat Hidayat dari Dapil 6, dan Agung Nugraha dari Dapil 7.

“Saya apresiasi kepada kader-kader terbaik Gerindra yang sudah bekerja dan meraih hasil maksimal. Selain itu, kemenangan para Caleg dan partai ini tiada lain adalah efek besar dari Pak Prabowo Subianto,” terangnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.