THR PNS dan Pensiunan Cair 20 Mei

Menjelang lebaran, satu dari sekian hal yang dinanti banyak masyarakat Indonesia adalah masa pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). Tahun ini, THR bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian RI, hingga pejabat negara; cair pada 20 Mei 2010.

Ketetapan tersebut tertera pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 58/PMK/05/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

“Tunjangan Hari Raya untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara dibayarkan paling cepat sepuluh hari kerja sebelum tanggal Hari Raya,” bunyi Pasal 9 ayat (1) PMK, sebagaimana dilansir dalam keterangan terulis di laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Ahad, 12 Mei 2019.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi diketahui telah menandatangani peraturan presiden tentang THR bagi Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri pada awal Mei lalu.

Sri Mulyani sebelumnya juga sempat menjamin pemerintah akan membayarkan THR kepada ASN sebelum Lebaran. Kalau lebaran jatuh pada 5 Juni, maka THR akan dibayarkan sebelum libur bersama.

“Anggaran kan di APBN. Kalau THR memang sudah dianggarkan. PP-nya Bapak Presiden sudah tanda tangan tadi,” ujar Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia, seperti dikutif ekonomi.bisnis.com (06/05/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.