Terkait EWS, Asep Muslim: Tidak Ada yang Susah Bila Pemerintah Serius

Asep Muslim
Asep Muslim, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

KAPOL.ID—Early warning system (EWS) atau alat deteksi dini tsunami penting untuk partai selatan Kabupaten Tasikmalaya. Pemerintah mesti belajar dari peristiwa tsunami yang terjadi pada 2006.

“Kejadian tsunami 2006 harus menjadi pembelajaran dan perhatian serius pemerintah,” terang anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Muslim, Sabtu (26/3/2022).

Mencuatnya wacana pemasangan EWS di pantai selatan Kabupaten Tasikmalaya, tidak terlepas dari peringatan yang keluar dari BMKG Stasiun Geofisika Bandung terkait potensi tsunami. Karena itulah Asep Muslim memandang pemerintah wajib memperjuangkan.

“Pengadaan EWS itu, menurut saya jangan berhenti dengan alasan anggaran. Karena kalau didorong serius oleh pemerintah, tidak ada yang susah kok,” tambah politikus PKB tersebut.

Asep Muslim lebih jauh menekankan bahwa masyarakat tergantung pemerintah. Dalam konteks mengantisipasi bahaya tsunami, masyarakat sangat perlu gerak cepat pemerintah.

“Kalau kita perhatikan, selama ini pemerintah selalu mengatakan belum mampu mengadakan alat deteksi tsunami; itu bukan salah satu alasan. Toh selama saya masuk di Banggar DPRD juga belum pernah menerima pengajuan anggaran untuk pengadaan alat tersebut,” tekan Asep Muslim.

Pemasangan EWS sendiri dipandang Asep Muslim sebagai upaya yang terukur, supaya tidak ada korban jiwa saat bencana tsunami terjadi. Lantaran ketika jatuh korban, pemerintah juga yang akan kerepotan.

“Pemerintah juga harus memberikan pendidikan dan pelatihan siaga bencana. Terutama informasi-informasi berkaitan tanda-tanda atau potensi bencana,” Asep Muslim menandaskan. (sumber: https://kapol.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.