SMK di Kabupaten Tasikmalaya Terkendala Laboratorium dan Alat Praktikum

Aggota Komisi V DPRD Jawa Barat kunjungan kerja ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus di Suryalaya, Kabupaten Tasikmalaya. Menurut penilaian Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, perkembangan SMK di kabupaten Tasikmalaya cukup baik. K. H. Habib Syarief Muhamad, Salah satu anggota Komisi V yang ikut melakukan kunjungan kerja, menuturkan bahwa pihaknya mencatat banyak masukan.

Menurut Habib, sekalipun pada umumnya perkembangan SMK di Kabupaten Tasikmakaya cukup baik, namun masih ada beberapa kendala yang dihadapi. Antara lain dalam hal laboratorium, gedung, alat praktikum dan lain sebagainya.

“Hal ini tentunya menjadi tantangan dan tanggung jawab dewan ke depannya, untuk mendukung dari sektor anggaran. Kami yakin tidak semuanya dapat terealisasi dengan maksimal. Tetapi, paling tidak, ada yang menjadi prioritas dalam pengembangan setiap SMK di daerah,” ujar Habib Syarief.

SMK yang ada di daerah, lanjut Habib Syarief, cukup mandiri. Dalam arti tidak sekedar mengandalkan bantuan dari pusat. Pihak sekolah juga banyak melakukan berbagai inovasi. Bahkan, khusus untuk SMK Plus yang dikunjunginya, ia yakin sekolah tersebut dapat mendukung program Sekolah Jabar Juara (Sejajar) yang diluncurkan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

“Kami optimitis SMK di Jabar bisa mewujudkan program Sejajar. Ini ditinjau dari kemandirian dan inovasi yang dikembangkan dari sekolah kejuruan tersebut,” ujarnya.

Habib Syarif lebih jauh menyampaikan dukungannya terhadap program Teaching Factory. Pogram ini menjembatani antara sekolah dengan dunia industri atau usaha, yang memiliki kesamaan bidang keterampilan. Melalui program tersebut, SMK mendidik siswa agar mampu memproduksi barang ataupun jasa layaknya perusahaan.

Teaching factory ini menjadi salah satu syarat yang cukup menentukan. Kami akan terus mengawal, sampai sejauh mana anggaran untuk bidang pendidikan bisa diserap oleh beberapa SMK, khususnya di daerah,” tegasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.