SK CPNS Formasi 2018 Diserahkan, April 2019 Langsung Dapat Gaji

SINGAPARNA—Nasib baik bagi sebanyak 496 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2018. Pasalnya, pada Selasa (26/3/2019), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati Tasikmalaya tentang Pengangkatan CPNS. SK tersebut diserahkan langsung oleh Bupati H. Ade Sugianto di Pendopo Baru Pemkab Tasikmalaya.

PADA seremonial penyerahan SK CPNS, Bupati Ade Sugianto yang mengenakan baju hitam didampingi oleh (antara lain) Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Plt. Sekda dan Kepala BKD Kabupaten Tasikmalaya.

Seiring dengan penyerahan SK, Bupati Ade Sugianto juga menginformasikan, bahwa semua penerima SK berhak menerima gaji pertamanya per April 2019. Di samping itu, mereka juga akan menerima gaji ke-13 berikut tunjangan hari raya (THR).

“Semua anggaran sudah disiapkan. Jadi per bulan April, sebanyak 496 CPNS yang menerima SK CPNS ini sudah akan mendapat gaji. Termasuk kita juga mempersiapkan pemberian gaji ke-13 dan THR,” terang Ade selepas penyerahan SK tentang Pengangkatan CPNS.

Sebanyak 496 CPNS penerima SK tersebut adalah para calon pegawai yang dibutuhkan dengan komposisi guru, tenaga kesehatan dan operator lainnya. Di antaranya termasuk juga yang terjaring menjadi CPNS dari jalur khusus; seperti K2, Sukwan dan jalur cum laude.

“Jalur khusus ini ditempuh sebagai bagian dari upaya pemerintah merekrut ASN yang berkualitas dan penuh dedikasi ke depan,” ujarnya lebih lanjut.

Langkah Pemkab Tasikmalaya sendiri, menurut Ade, merupakan ihtiar memberikan spirit awal bagi para CPNS, sebelum mengikuti pembinaan khusus selama satu tahun. Harapannya, kelak mereka menjadi pengabdi negara dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan demikian, Bupati Ade menekankan supaya para penerima SK CPNS pandai-pandai bersyukur. Sedemikian jauh, Bupati Ade juga mengingatkan supaya mereka dapat melalui tahapan berikutnya menjadi PNS hingga purna tugas.

“Kalian adalah yang beruntung dari 1.876.000 warga Kabupaten Tasikmalaya dan dari 189.000 warga miskin. Jadilah warga yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara dengan cara yang baik,” amanatnya

Terlepas dari segala hal yang membanggakan, beberapa hal yang menjadi sorotan Bupati Ade adalah kenyataan bahwa negara belum menghargai proses pendidikan dan pengabdian. Untuk itu, selain memperhatikan pegawai yang sudah lama mengabdi untuk bisa menjadi CPNS, pihaknya juga menyelenggarakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan quota 716 pegawai.

“Bersikaplah sebagaimana abdi negara, aparatur sipil negara dan bagian dari salah satu masyarakat intelek, karena anda akan dilengkapi dengan kehidupan disiplin dan loyalitas,” pungkasnya.

Di pihak lain, Kepala BKD Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen juga menjelaskan; bahwa dari 496 CPNS yang dilantik terdiri dari 21 orang golongan III B, 378 orang golongan III A, serta 97 orang golongan II C.

“Selanjutnya, untuk pelaksanaan diklat prajabatan CPNS bagi yang diangkat melalui formasi honorer, serta diklat dasar bagi CPNS yang diangkat dari formasi umum; akan diselenggarakan dengan mekanisme pengiriman atau penerimaan bukan pajak ke lembaga diklat yang terakreditasi,” papar Mohamad Zen.

Untuk pelaksanaan diklat prajabatan dan diklat dasar CPNS 2019 sendiri, berdasarkan jadwal yang telah disusun, akan dilaksanakan di tiga lembaga. Antara lain P4KSN Sumedang, PPSDM Kemendagri Bandung, dan Pusat Pendidikan Administrasi Diklat Polri Gedebage Bandung. Terkait durasi diklat, untuk prajabatan CPNS honorer K1 dan K2 dilaksanakan selama 7 hari; sedangkan CPNS dari umum selama 51 hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.