Sebelum Dilantik, Calon Anggota DPRD Ikuti Bimtek Verifikasi Persyaratan

TASIKMALAYA—Selepas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menetapkan sebanyak 50 nama pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, menjelang pelantikan nama-nama tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya menggelar acara “Bimbingan Teknis (Bimtek) Verifikasi Persyaratan Calon Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2019”. Bimtek yang dibuka pada Jumat (02/08/2019) tersebut bertempat di Hotel Grand Metro, Kota Tasikmalaya.

ACARA tersebut terlaksana berdasarkan tententuan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018, Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018, dan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2019. Verifikasi dan validasi kelengkapan dokumen administrasi dilakukan terhadap 19 item yang mesti dipenuhi oleh 50 orang calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya terpilih hasil Pemilu 2019.

Pada kegiatan tersebut hadir Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya beserta jajaran komisioner, serta Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Tasikmalaya. Pada teknisnya, proses verifikasi dan validasi kelengkapan dokumen administrasi dilakukan oleh Pemkab Tasikmalaya yang bersinergi dengan KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Pada pembukaan Bimtek, Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, S.Ip berhalangan hadir. Kewenangannya diwakilkan kepada Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekada) Kabupaten Tasikmalaya, Drs. Iin Aminudin, M.Si.

Melalui Sekda, Bupati Ade mengucapkan selamat bagi 50 orang calon anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya terpilih. Ia berharap supaya ke depan dapat terjalin sinergitas yang baik antara eksekutif dan legislatif dalam membangun Kabupaten Tasikmalaya.

“Pertama-tama kami ucapkan selamat kepada Ibu dan Bapak calon anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya terpilih hasil Pemilu tahun 2019 disertai doa dan harapan agar kita dapat bersinergi bersama membangun Kabupaten Tasikmalaya yang kita cintai ini menuju Kabupaten Tasikmalaya yang lebih sejahtera lahir dan batin,” tutur Ade, sebagaimana dikutip Diskominfo pada laman tasikmalayakab.go.id.

Begitu juga dengan proses verifikasi dan validasi persyaratan, Bupati Ade mendoakan supaya berjalan dengan optimal dan lancar. Sebab, hasilnya nanti akan berdampak pada kelancaran usulan pengangkatan anggota DPRD periode 2019-2024, yang akan ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat. Dengan demikian, proses pelantikan anggota DPRD periode 2019-2014 akan bertepatan dengan akhir periode anggota DPRD periode 2014-2019, yakni 2 September 2019.

Pada prosesnya kemudian, hasil Bimtek verifikasi dan validasi persyaratan kelengkapan dokumen administrasi calon anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan bahwa dari 50 orang itu mayoritas telah melengkapi berkas persyaratannya. Sementara bagi yang belum lengkap, Pemkab memberi kesempatan untuk melengkapinya hingga 8 Agustus 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.