Rasa Bangga Trah Sukapura atas Peringatan Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA—Rubrik “Inohong” pada Bewara Sukapura edisi Februari 2019 memuat profil Ratna Dewi, SE. Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan salah satu trah Sukapura. Dalam hitungan Ratna, dari garis keturunan pihak ibu, ia merupakan keturunan ke-15 dari silsilah Dalem Sawidak Sukapura.

SEBAGAI pemilik garis trah Sukapura, Ratna mengaku sedemikian bahagia dengan rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya tahun ini.

“Pelaksanaan hari jadi tahun ini cukup baik dan meriah. Berbeda dari tahun-tahun yang kemarin dan sebelumnya,” ujar Ratna.

Jauh lebih penting dari itu, bagi Ratna, semangat awal dari leluhur Sukapura dalam menjalankan kepemimpinan pemerintahan harus menjadi contoh dan spirit bagi jalannya pemerintahan para penerusnya, hari ini dan ke depan.

“Semangat awal kepemimpinan itu saat pertama kali penyerahan piagam dari Kerajaan Mataram sebagai penanda diawali berdirinya kekuasaan Sukapura, dengan pengangkatan Wirawangsa sebagai penguasa pertama Sukapura dengan nama Wiradadaha ke-1,” lanjut Ratna.

Sekalipun mengapresiasi serangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya tahun ini, Ratna tetap memberi saran demi kebaikan ke depan. Menurutnya, alangkah lebih baik jika kegiatan peringatan hari jadi dilaksanakan lebih meluas lagi.

“Seperti, misalnya digelar di setiap wilayah eks kewedanaan. Agar masyarakat Kabupaten Tasikmalaya lebih mengenal dan tahu tentang sejarah berdirinya Sukapura dan Kabupaten Tasikmalaya. Saat ini terkesan masih terpusat di wilayah Ibukota Singaparna,” tambah Ratna lagi.

Ketersebaran pelaksanaan peringatan hari jadi tersebut, akan berdampak pula pada kemerataan kepuasan masyarakat. Jika pelaksanaannya terpusat, maka penikmat kegiatan tersebut juga terkesan hanya masyarakat Singaparna dan sekitarnya. Sementara di wilayah lain tidak ikut menikmati.

“Coba Tasik Motekar itu digelar di tujuh titik dengan beragam pesta rakyat yang akan memberi ruang meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakatnya di semua wilayah,” pungkas Ratna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.