Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya Sambil Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia

SINGAPARNA—Bulan lalu (Juli), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya menggelar Sidang Paripurna Intimewa. Itulah sidang dalam rangka memperingati hari jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya. Bulan ini (Agustus), Rapat Paripurna DPRD tidak kurang istimewa, sebab sekaligus juga untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

RAPAT Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya digelar Jumat (16/8/2019). Di samping pimpinan dan anggota dewan, turut pula hadir antara lain Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.Ip; para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD); Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA); dan Diskominfo.

Momen yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya tersebut beragendakan: “Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Tahun 2019”. Pidato Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, disaksikan para hadirin melalui layar kaca.

Pada kesempatan tersebut, Presiden menegaskan ihwal pentingnya menjalin kolaborasi dan sinergi antarlembaga di lingkungan pemerintahan. Sebab, untuk menjadi kuat, setiap elemen tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri.

“Ego lembaga harus diruntuhkan, sehingga karya-karya baru dapat diciptakan bersama-sama. Ego sektoral yang terkotak-kotak sudah tidak relevan lagi dan harus ditinggalkan. Kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan,” demikian antara lain secuil cuplikan dari pidato presiden.

Pada anggota DPRD sendiri, di samping mendengarkan pidato kenegaraan presiden, mengisi rapat paripurna dengan melakukan refleksi atas hikmah kemerdekaan. Terutama untuk tidak mengkhianati perjuangan para pahlawan, yang dengan gagah dan gigih berkorban bertumpah darah demi kemerdekaan Indonesia. Tanpa dapat dimungkiri, kemerdekaan Indonesia menelan korban yang tidak sedikit, baik mereka yang tercatat namanya maupun tidak.

“Hari ini, tugas bangsa yang utama adalah menumbuhkan semangat juang 1945 dengan berbagai prestasi di segala bidang untuk mewujudkan jiwa pembangunan yang tanggguh,” H. Erry Purwanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, ikut sumbang suara pada rapat kali itu.

Untuk dapat merealisasikannya, lanjut Erry, generasi penerus bangsa ini mestilah menyambut dan merayakan peringatan kemerdekaan Indonesia dengan penuh penghayatan dan pemaknaan. Intropeksi serta mawas diri sejatinya ditujukan ke dalam diri masing-masing. Dengan demikian semua dapat mengkaji kekurangan dan kelemahan masing-masing dalam mengisi dan menikmati kemerdekaan Indonesia.

“Kita harus senantiasa berupaya meningkatkan kemajuan bagi bangsa dan negara. Apa yang telah kita berikan untuk kemajuan Kabupaten Tasikmalaya? Sejauh mana langkah kita selama ini dapat meningkatkan semangat dan rasa tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan dalam bentuk pembangunan masa depan?” tutur Erry

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.