Pimpinan DPRD Konsultasikan Pengisian Jabatan Wakil Bupati ke Provinsi

SINGAPARNA—Di sela konsultasi terkait Tata Tertib (Tatib) ke Bagian Pemerintahan dan Hukum Provinsi Jawa Barat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya juga berkonsultasi terkait pengisian jabatan Wakil Bupati Tasikmalaya. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD, Erry Purwanto.

Sekurang-kurangnya, kata Erry, ada dua pertanyaan yang disodorkan DPRD Kabupaten Tasikmalaya ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pertama, bagaimana jika pengisian jabatan wakil bupati terlambat atau tidak diisi sama sekali? Kedua, jika jabatan wakil bupati sama sekali tidak diisi, sanksinya apa?

“Kita, kan, sudah mengirimkan surat sesuai edaran dari Mendagri. Kita pertegas lagi soal pengisian jabatan wakil bupati di saat sisa periode bupati. Sekarang, kan, tinggal beberapa bulan lagi,” terang Erry, sebagaimana dikutif koropak.co.id, Selasa (22/10/2019).

Erry sendiri mengaku belum menemukan sanki yang jelas dalam aturan mana pun, jika jabatan wakil bupati sama sekali tidak diisi. Di samping itu, ia juga tidak mendapat jawaban yang memuaskan dari Pemerintah Provinsi.

“Beberapa kali kita lontarkan pertanyaan yang sama, tetap tidak ada jawaban, alias mereka tidak memberi jawaban. Karena itu dapat ditarik kesimpulan sementara, bahwa untuk jabatan Wakil Bupati Tasikmalaya bakal dikosongkan,” pungkas Erry.

Padahal, DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2014-2019 sebelumnya sudah membentuk Panitia Teknis Pemilihan Wakil Bupati, yang terdiri dari tujuh orang—yakni Doni Hamdani (Fraksi PPP), Ami Fahmi (Fraksi PKB), Nina Supriatin (Fraksi Golkar), Asep Zulfikri (Fraksi PAN), Ferry Willyam (Fraksi Demokrat), Cecep Ruchimat (Fraksi Gerindra) dan Aef Syarifudin (Fraksi PDIP) sebagai ketua.

Bahkan, saat itu Wakil Ketua DPRD, Erry Purwanto, menetapkan usulan dua nama calon wakil bupati dari Bupati Ade Sugianto paling lambat Jumat (30/08/2019). Jika tidak, berarti pembahasan pengisian jabatan wakil bupati akan dilimpahkan kepada anggota DPRD periode 2019-2024.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.