Penyuluhan Sosial Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba, sejak lama dipandang sebagai salah satu bahaya yang dapat menghancurkan tatanan moral sosial anak bangsa. Sebagai pihak yang berkepentingan atas stabilitas sosial, Kementerian Sosial Kabupaten Tasikmalaya berihtiar dengan menyelenggarakan program Penyuluhan Sosial Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

SALAH satu pelaksanaan program Penyuluhan Sosial Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba berlangsung di Pondok Pesantren Ath Thohariyyah, Kamis (11/4/2019). Sasaran dari penyuluhan ini adalah keluarga dan para santri. Untuk teknisnya, acara penyuluhan tersebut dimotori oleh Pusat Penyuluhan Sosial dan Direktorat Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza.

Menurut panitia pelaksana, kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk melindungi generasi muda. Mereka dinilai perlu mendapatkan perhatian yang serius. Sementara itu, para santri dan keluarga merupakan bagian dari garda terdepan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Beberapa hal yang ditekankan dalam penyuluhan tersebut, antara lain, siapa pun tidak perlu sungkan untuk melapor ke pihak terkait apabila ada di antara saudara, teman, tetangga, atau siapa pun yang menyalahgunakan narkoba. Sebab, sejauh ini, pihak keluarga maupun warga masyarakat biasanya takut melapor, apabila ada anggota keluarganya yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Misalnya karena takut malah menjadi aib keluarga, atau takut masuk penjara, dan lain sebagainya.

Laporan dari masyarakat sangat penting bagi pemerintah. Sebab, Kementerian Sosial memiliki Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL). Fungsi IPWL antara lain untuk merehabilitasi para korban penyalahgunaan narkoba, baik fisik maupun spiritual.

IPWL menyediakan jasa rehabilitasi bagi para korban penyalahgunaan narkoba selama enam bulan, tanpa pungutan biaya sepeser pun. Di luar itu, IPWL juga membuka pelayanan konsultasi bagi masyarakat. Langsung saja menguhubungi melalui call center IPWL di nomor telepon 1500-171.

Beberapa IPWL di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang dapat dijangkau oleh warga masyarakat, antara lain, Al-Inabah II Putri, Al-Inabah 15 dan Al-Inabah 18.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.