Pelantikan Empat Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA—Komposisi Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024 sudah ditetapkan pada Rabu (18/09/2019); dalam Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan Definitif. Posisi ketua jatuh kepada Asep Sopari Al Ayubi dari Gerindra. Wakil ketua antara lain Ami Fahmi dari PKB, Erry Purwanto dari Golkar, dan Cecep Nurul Yakin dari PPP.

Keempat pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya tersebut baru dilantik Selasa (8/10/2019). Sama halnya dengan prosesi pengucapan sumpah keseluruhan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, keempat pimpinan ini juga dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri, Winarno, di ruang Paripurna.

Penyerahan jabatan pun berlangsung. Haris Somantri yang sebelumnya ditunjuk menjadi Ketua DPRD sementara, meletakkan jabatannya untuk kemudian diserahkan kepada Asep Sopari Al Ayubi. Keduanya sama-sama berasal dari Partai Gerindra.

Saat pelantikan, banyak pejabat yang turut hadir. Antara lain Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto; serta sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Seluruh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya juga menyaksikan pelantikan pimpinannya.

Berkaitan dengan jeda waktu yang hampir sebulan dari masa penetapan pimpinan definitif, menurut keterangan Sekretaris DPRD, Iing Farid Khozin; itu erat hubungannya dengan surat keputusan (SK) dari Guberjur Jawa Bawat. Sebab, kata Iing, pihaknya tidak bisa melangsungkan prosesi pelantikan sebelum mengantongi SK dari Gubernur.

Iing menjelaskan bahwa keterlambatan SK dari Gubernur bukan bagian dari kelalaian pihaknya. Surat permohonan SK sudah diajukan sejak Kamis (24/09/2019). Bahkan, ia sendiri menyusul langsung ke Bandung pada Jumat (4/10/2019). Pada saat itu sutar permohonan yang ia ajukan baru sampai di meja tata usaha (TU) Gubernur.

Bagi Iing sendiri, pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya sudah mendesak untuk dilangsungkan. Sebab, tanpa pimpinan definitif, kinerja anggota DPRD belum maksimal dan efektif. Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) juga jadi terhambat.

“Pimpinan definitif sekarang sudah ada. Tahapan selanjutnya yaitu membentuk AKD yang mencakup tata tertib dewan, kelengkapan komisi serta pimpinannya, dan yang lain-lainnya. Kemungkinan akhir bulan ini sudah lengkap, walaupun kadang pembahasannya suka lumayan alot,” ujar Iing kepada sejumlah media, selepas pelantikan.

Senada dengan Iing, Ketua DPRD Asep Sopari Al Ayubi juga mengatakan bahwa agenda terdekat yang akan dilaksanakannya adalah membentuk AKD.

“Terima kasih atas doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Kami tentunya akan berlari cepat untuk membentuk AKD,” ujarnya singkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.