Pandum Fraksi Partai Gerindra terkait Ranperda tentang Dana Cadangan

SINGAPARNA – Pada Jumat (2/11/2022), DPRD Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat paripurna. Agenda ratap tersebut adalah Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi atas Ranperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Serentak Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2024.

Rapat paripurna itu sendiri sebagai respon atas penjelasan Bupati Tasikmalaya mengenai Ranperda tersebut, Kamis (27/11/2022). Di mana penjelasannya disampaikan oleh Wakil Bupati Tasikmalaya dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian ditindaklanjuti dengan rapat Badan Musyawarah DPRD bahwa paripurna Pandangan Umum Fraksi-fraksi ditetapkan pada 2 November 2022.

Pada gilirannya, Yayat Hidayat, S.Pd. selaku juru bicara Fraksi Partai Gerindra menyampaikan; bahwa berkenaan dengan penjelasan Ranperda Kabupaten Tasikmalaya tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Serentak Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024; pada prinsipnya Fraksi Gerindra memberikan apresiasi.

Pertimbangannya, karena hal tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 54 tahun 2019 Pasal 2 Ayat (2), bahwa pendanaan kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota dibebankan pada APBD kabupaten/kota.

Untuk konteks Kabupaten Tasikmalaya, pendanaan kegiatan Pilkada 2024 tidak dibebankan pada satu tahun anggaran. Karena itulah dibentuk dana cadangan. Terkait hal tersebut, Fraksi Partai Gerindra mempertanyakan: Pertama, apakah besaran dana cadangan sebesar Rp. 60 miliar sudah memenuhi kebutuhan sebenarnya? Kedua, apakah angka tersebut sudah dihitung berdasarkan permintaan penyelenggara Pemilu atau semabatas estimasi pemerintah daerah?

Di samping itu, Fraksi Partai Gerindra juga mendorong pengkajian lebih dalam terkait rencana menyisihkan sebesar Rp 50 miliar dari APBD tahun anggaran 2023 sebagai dana cadangan untuk Pilkada 2024.

Mengingat waktu yang singkat karena Ranperda tersebut harus selesai sebelum Persetujuan DPRD terkait APBD tahun anggaran 2023; Fraksi Partai Gerindra mendorong agar pembahasannya dilakukan seefisien dan seefektif mungkin.

Sementara terkait usul dan saran yang bersifat teknis, Fraksi Partai Gerindra akan menyampaikannya dalam rapat-rapat panitia khusus yang membahas tentang Ranperda Dana Cadangan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan