MUI dan Kapolri Apresiasi Pemilu 2019 Berlangsung Lancar

SINGAPARNA—Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Tasikmalaya dinilai banyak pihak telah berjalan dengan baik, aman, damai dan lancar. KPU dan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya pun mendapatkan apresiasi sebagai penyelenggara Pemilu yang berintegritas.

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tasikmalaya, K. H. Ii Abdul Basit, termasuk pihak yang mengapresiasi penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami menilai, Pemilu di Kabupaten Tasikmalaya berjalan aman, damai dan tertib. Kami, ulama di Tasikmalaya, sangat mengapresiasi terhadap kinerja KPU dan Bawaslu yang menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh integritas,” ujarnya kepada kabarpriangan.co.id (05/05/2019).

Sedemikian jauh, pihaknya berharap supaya hasil Pemilu juga diterima dengan legowo oleh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya secara luas. Menurutnya, masyarakat Tasikmalaya sudah dewasa dalam menjaga komitmen perdamaian. Dengan demikian, hasil Pilpres dan Pileg bisa disikapi dengan lapang dada.

Di pihak lain, Kapolres Tasikmalaya, AKBP Dony Eka Putra, mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih terhadap masyarakat yang telah menjaga komitmen untuk Pemilu damai. Para pendukung, simpatisan, dan masyarakat luas berkokitmen menjaga Pemilu di Tasikmalaya tetap aman dan kondusif.

“Kami apresiasi sebesar-besarnya pada masyarakat luas yang bisa saling menjaga dan berkokitmen menjaga Pemilu di Tasikmalaya,” tegas Doni.

Dari hasil rekapitulasi KPU terkait hasil Pileg, di Kabupaten Tasikmalaya menunjukan pergeseran dominasi perolehan suara dari partai berbasis Islam ke Partai Nasionalis. Pada Pileg tahun 2014 serta beberapa Pemilu sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) selalu mendominasi perolehan suara.

Berbeda kali ini. Dominasi partai berlambang ka’bah tersalip oleh kehadiran Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto. Sehingga Gerindra dipastikan mendapatkan kursi terbanyak, yakni 9 kursi, di legislatif.

Secara rinci, pada Pemilu serentak 17 Arpil 2019 di tujuh daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Tasikmalaya; Partai Gerindra berada di posisi pertama dengan raihan suara paling tinggi, yakni 194.846 atau 19.65 persen. Sementara PPP berada pada posisi ke-5 dengan total suara 111.721 atau 11,27 persen.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai berbasis Islam lainnya, mengalami peningkatan jumlah suara cukup jauh dari raihan suara pada Pemilu sebelumnya. PKB berada pada ranking ke-2 dengan jumlah suara sebesar 138.397 atau 13,96 persen.

Di belakang PKB, menyusul Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan pada urutan ke-3, dengan angka sebesar 122.018 atau 12,31 persen. Sedangkan pada posisi ke-4 adalah Partai Golongan Karya (Golkar) dengan jumlah suara sebesar 116.937 atau 11,79 persen.

“Sesuai hasil pleno di tingkat Kabupaten Tasikmalaya, suara terbanyak diperoleh oleh Partai Gerindra. Disusul oleh PKB, PDI Perjuangan, Golkar, dan kelima PPP,” Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Jamaludin, menerangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.