KPUD Kabupaten Tasikmalaya Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

SINGAPARNA—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tasikmalaya melakukan pemusnahan surat suara rusak. Pemusnahan ini dilangsungkan sehari menjelang penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu), 17 April 2019. Para praktiknya, KPUD Kabupaten Tasikmalaya juga bekerja sama dengan berbagai pihak; termasuk Bawaslu, TNI dan Polri.

LANGKAH pemusnahan surat suara rusak tersebut, menurut Ketua KPU Kab Tasikmalaya, Zam-Zam Zamaludin; dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan surat suara. Dalam kata lain sebagai langkah antisipatif terhadap potensi kecurangan selama proses pemilu serentak 2019.

Jumlah surat suara rusak yang dimusnahkan KPUD Kabupaten Tasikmalaya mencapai 3.486 lembar; mencakup semua jenis surat suara. Paling banyak kerusakan surat suara untuk Pilpres, dengan total sebanyak 1.431 lembar.

Lainnya, surat suara rusak juga terjadi untuk DPRD sebanyak 420 surat suara. Kemudian surat suara rusak untuk DPRD sebanyak 561 surat suara; untuk DPR RI sebanyak 523 surat suara; dan untuk DPD RI sebanyak 551 surat suara.

“Betul, kami, KPUD Kabupaten Tasikmalaya telah memusnahkan surat suara yang rusak. Dimusnahkan dengan cara dibakar. Itu sesuai dengan perintah KPU Pusat,” Zam-Zam Zamaludin mengonfirmasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.