Klaim Pemkab Tasikmalaya: “Program PKH Efektif Turunkan Kemiskinan”

SINGAPARNA—Sudah lebih dari satu dekade Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya merealisasikan Program Keluarga Harapan (PKH). PKH sendiri merupakan program yang digagas pemerintah Indonesia sejak 2007; yaitu pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Di dunia internasional, Program Perlindungan Sosial ini dikenal dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT).

KHUSUS untuk di Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengklaim bahwa PKH sangat efektif dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan. Hal tersebut mengindikasikan kalau PKH yang direalisasikan oleh Pemkab Tasikmalaya selaras dengan tujuan utama PKH yang dicanangkan pemerintah pusat; yaitu untuk menanggulangi kemiskinan, terutama masalah kemiskinan kronis.

Dari situs resmi Kementerian Sosial (Kemsos) dapat diketahui, bahwa sebagai program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin—terutama ibu hamil dan anak—untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Klaim Pemkab Tasimalaya tadi disampaikan langsung oleh Bupati Ade Sugianto. Tepatnya saat menyampaikan sambutannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Program dan Penguatan Dukungan dari Pemerintah Daerah pendamping sosial PPKH. Rakor tersebut berlangsung di Balai Diklat Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Ciawi, pada Senin (01/04/2019).

Di hadapan Kepala BKD, Dr. Moh. Zein; Kepala Dinas PUPR; Sekdis BKD; Sekdis Sosial; Kabag Umum; para Kabid se-Kab. Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya; Bupati Ade Sugianto menegaskan harapannya supaya PKH benar-benar dapat mengentaskan kemiskinan  di Kabupaten Tasikmalaya.

“Bantuan sosial PKH berdampak signifikan menurunkan angka kemiskinan. Saya harap kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya bisa berkurang,” tegasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.