Ketua DPRD Laksanakan Supervisi Penanganan Covid-19 di Kecamatan Sodonghilir

Kabupaten TasikmalayaKetua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Alayubi, SP melaksanakan Supervisi dan penyaringan aspirasi dari Desa bersama Muspika Kecamatan Sodonghilir mengenai penanganan Covid-19. Pada kegiatan koordinasi itu dihadiri langsung oleh Camat, Koramil,kepala Puskesmas, dan para kepala desa se-kecamatan sodonghilir, Rabu (15/04/2020).

Untuk saat ini belum ada strategi operasional sistem dalam penanganan Covid-19. Pada acara kordinasi tersebut para kepala desa meminta segera membentuk payung hukum untuk pengelolaan anggaran desa mengenai pencegahan covid-19 dalam dana talang.

kementrian memperbolehkan penggunaan dana desa untuk menanggulangi Covid-19 walaupun dari peraturan Bupati (Perbup) belum ada dasar hukumnya. Seluruh desa se-kecamatan Sodonghilir sudah mendata warga yang terkena PHK, warga yang sudah mudik, dan membentuk posko di tiap dusun dalam penanganan dampak covid-19.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya mengapresiasi kpd semua Kepala desa se-kecamatan Sodonghilir dalam inisiatifnya melakukan penanganan wabah covid, namun Asep Sopari juga mengatakan, “dalam pemberian BLT jangan dulu mengambil inisiatif karena itu harus koordinasi terlebih dulu dengan pusat, karena dari pusat DAK sudah distop. Dan sayapun akan segera mendorong untuk mempercepat pencairan dana bantuan sosial dan payung hukum penanganan covid”.

Asep Sopari menambahkan “bahwa dalam prinsip anggaran, masalah penanggulangan perbelanjaan tidak keluar dari kebutuhan penanganan, dana talang dapat diganti nanti waktu perubahan anggaran dalam musyawarah pemdes. Dalam pembayaran BLT maksimal 25% dari seluruh anggaran desa” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.