Ketua DPRD Dorong Birokrasi Perbaiki Kinerja

KABARPARLEMEN.ID—Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi beranggapan bahwa kinerja birokrasi Permeintah Kabupaten Tasikmalaya tidak optimal. Salah satu buktinya bantuan keuangan Bankeu untuk desa terlambat cair. Padahal sudah tertuang dalam APBD perubahan.

Keterlambatan pencairan Bankeu memantik riak gelisah hampir semua kepala desa se-Kabupaten Tasikmalaya. Puluhan kepala desa bahkan sampai beraudiensi ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya, mengadukan nasibnya, Selasa (22/12/2020); di bawah koordinasi Ketua APDESI Panji Permana.

Menganggapi kegelisahan para kepala desa itu, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi mengemukakan bahwa dinas terkait belum dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai harapan masyarakat. Karena kejadian serupa bukan hanya sekali, melainkan sudah dua kali.

“Kuncinya sih di situ dan harus segera diperbaiki. Kita juga tetap menjalankan tugas kelembagaan yang memiliki fungsi pengawasan. Paling tidak langkah klarifikasi terhadap TAPD tetap akan kami tempuh,” ujar Asep di kantornya.

Asep khawatir jika pemerintahan desa malah dihadapkan pada permasalahan-permasalahan baru, sebagai efek dari ketermalbatan pencairan Bankeu.

“Hari ini juga kami bersama sejumlah kepala desa duduk berkumpul dan mendengarkan secara langsung penjelasan serta kepastian dari Sekda sebagai Ketua TAPD. Kami di DPRD akan terus mengawal,” tandasnya.

Di pihak lain, Katua TAPD Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen menolak menjelaskan secara terbuka inti permasalahan di balik keterlambatan pencairan Bankeu desa. Tetapi ia meyakinkan para kepala desa bahwa awal Januari 2021 permasalahan Bankeu akan tuntas.

“Karena itu kami mengharapkan para kepala desa menunggu sesuai agenda kami. Semua kami ajak duduk kembali dan membereskan seluruh administrasi yang selayaknya dipenuhi sesuai aturan,” ujar Zen sebagaimana dikutip koropak.co.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.