Ketua DPRD Desak Eksekutif Buatkan SK Untuk Para Sukwan

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ruhimat, mendesak pemerintah untuk segera membuatkan surat keputusan (SK) bagi para tenaga sukwan yang keberadaannya telah memberikan manfaat besar. “Sejak dulu saya sudah ngomong, minimal pemerintah mengeluarkan surat keputusan sebagai pengakuan kepada tenaga sukwan. Bukan masalah pusat atau daerah, bukan perihal pengangkatan, tapi ini berkaitan dengan pengakuan dari pemda saja dulu,” tuturnya.

Menurutnya, pengakuan itu penting bagi mereka, apalagi masa berbaktinya sudah lama, meski pendapatan sangat minim. “Katakanlah dalam SK tersebut bahwa yang bersangkutan itu adalah tenaga sukwan. Kami sudah melakukan pengusulan-pengusulan melalui media massa, lewat pembahasan-pembahasan, tapi belum ada realisasinya,” sesal Ruhimat.

Padahal, sambungnya, dengan SK tersebut para sukwan akan merasa diakui pemerintah, meski secara pendapatan belum ada peningkatan. Pengakuan tersebut, kalau dia akan mendaftar PNS sudah memiliki data. Pernah menjadi sukwan dan lain-lain, sebagai rujukan pengalaman kerja.

“Apalagi kalau pemda bisa memberikan honor untuk sukwan, itu lebih bagus. Tapi, berdampak atau tidaknya pada gaji atau intensif bagi mereka, minimal di awal ada pengakuan saja terlebih dulu bagi mereka. Wajar pula bila itu berdampak pada gaji atau minimal uang transportasi,” bebernya. ***

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.