Menyongsong Pilbup 2020, Rekrutmen Panwascam Kembali Dibuka

SINGAPARNA—Tahun depan Kabupaten Tasikmalaya akan kembali menghadapi hajat demokrasi, yaitu Pemilihan Bupati (Pilbup). Mengingat ada serangkaian proses yang mesti ditempuh, maka berbagai perangkat pendukung pelaksanaan Pilbup pun mulai dibentuk. Di antaranya Panitia Pengawas (Pemilu) tiingkat Kecamatan (Panwascam).

Rekrutmen Panwascam sudah menjadi kegiatan rutin setiap kali ada hajatan demokrasi, mulai dari hajat demokrasi lever terendah berupa Pilbup hingga level tertinggi berupa Pemilu Pemilihan Presiden (Pilpres).

Mekanisme test pada rekrutmen Panwascam kali ini ada yang beda dengan sebelum-sebelumnya. Sebelumnya, calon petugas Panwascam diuji dengan sejumlah pertanyaan tertulis di atas kertas. Kali ini, sejumlah pertanyaan itu akan disajikan dalam sistem Computer Assisted Test (CAT). Dalam kata lain, test akan berlangsung secara online.

  1. Setia Surya, selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, menginformasikan bahwa pihaknya akan melaksanakan rekrutmen sebanyak 117 anggota Panwascam se-Kabupaten Tasikmalaya dalam waktu dekat. Untuk setiap kecamatan masing-masing ada tiga orang petugas Panwascam.

“Para calon anggota akan diuji dengan sistem perekrutan yang diperbaharui. Jika dulu tes tulis menggunakan kertas atau manual, sekarang sudah menggunakan online, Computer Assisted Tes atau biasa kita sebut CAT,” ujar Setia, Selasa (26/11/2019).

Penggunaan CAT sendiri, terang Setia lebih jauh, boleh dibilang bentuk dari gebrakan baru dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Adapun untuk pelaksanaannya, berdasarkan surat keputusan Ketua Bawaslu RI dan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota harus dilansungkan mulai 27 November 2019.

“Kami ingin menunjukan kepada publik bahwa proses perekrutan panwascam naik level. Lebih modern dari sebelumnya. Artinya, ketika prosesnya itu naik level, maka hasilnya akan lebih baik. Selain itu, juga akan menunjang akuntabilitas proses perekrutan,” tambah Setia.

Sedemikian jauh Setia berharap, dengan menggunakan sistem yang baru itu, proses rekrutmen Panwascam akan menghasilkan para anggota yang memiliki kredibelitas serta integritas tinggi, dan mempunyai kapabilitas kerja yang baik. Sebab, untuk menyukseskan Pilbup 2020 dengan kualitas tinggi, Bawaslu juga butuh dukungan dari sumber daya pengawas yang berkualitas.

Be the first to comment

Leave a Reply