Kurang dari Dua Jam, AKD Kabupaten Tasikmalaya Disusun dan Ditetapkan

SINGAPARNA—Rabu (30/10/2019), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024 menggelar paripurna demi mengesahkan Tata Tertib (Tatib). Keesokan harinya, Kamis (31/10/2019), anggota DPRD kembali menggelar paripurna untuk menyusun serta menetapkan Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

Proses penyusunan AKD—yang lengkap dengan keanggotannya—itu berlangsung tidak lebih dari dua jam. Rapat berlangsung lancar, di bawah pimpinan sidang Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi. Nyaris tanpa sanggahan atau interupsi di dalamnya.

AKD sendiri berisi komposisi pimpinan serta anggota komisi, pimpinan serta anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), dan pimpinan serta anggota Badan Kehormatan (BK). Berikuti keputusannya:

 

Komisi I

Ketua           : H. Demi Hamzah Rahadian, SH., MH (F-PDI Perjuangan)

Wakil Ketua  : Moch. Arief Arseha (F-Golkar)

Sekretaris      : Deni Daelani (F-Gerindra)

 

Komisi II

Ketua           : M. Hakim Zaman (F-PKB)

Wakil Ketua  : Hidayat Muslim (F-PPP)

Sekretaris      : H. Ejen Zaenal Mutakin (F-Demokrat)

 

Komisi III

Ketua           : Aang Budiana, S.Ag (F-Golkar)

Wakil Ketua  : Haris Somantri, S.Sos (F- Gerindra)

Sekretaris      : Ucu Subandri (F-PDI Perjuangan)

 

Komisi IV

Ketua           : H. Asop Sopiudin, S.Ag (F-PPP)

Wakil Ketua  : H. Syahban Hilal (F-PKB)

Sekretaris      : Ratna Dewi, SE (F-PAN)

 

Bapemperda

Ketua           : H. Cecep Nur Yakin, S.Pd, M.SI (F- Demokrat)

Sekretaris      : Mamat Rahmat (F-PAN)

 

Badan Kehormatan

Ketua           : H. Cecep Ruchimat (F-Gerindra)

Sekretaris      : H. Doni M. Hamdani, SE (F-PPP)

 

Dari komposisi di atas, praktis tidak ada politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)—sebagai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) dengan raihan sembilan kursi—yang menjadi ketua pada setiap komisi. Partai Gerindra hanya memegang ketua pada Badan Kehormatan. Kenyataan ini tidak terlepas dari mekanisme pemilihan jabatan ketua dan wakil ketua komisi yang diserahkan langsung kepada anggota masing-masing komisi.

Atas hal tersebut, Wakil Sekretaris DPC Gerindra, Deni Daelani, pihaknya tetap mengikuti mekanisme yang berlaku, sekalipun menjadi pemenang Pileg 2019. Partai Gerindra menghomati dan menjalankan hasil keputusan forum.

“Semua sudah selesai. Mulai hari ini, tinggal bagaimana kita mulai bekerja. Kita ingin ada percepatan penyelesaian tugas-tugas pemerintah dalam pembangunan yang bermuara kepada kesejahteraan rakyat,” ujar Deni.

 

Be the first to comment

Leave a Reply