Halalbihalal DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dalam Nuansa Lesehan

SINGAPARNA—Selasa (18/6/2019), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara “halalbihalal”. Momen khas pascalebaran ini dikemas dalam nuansa lesehan. Di mana semua pihak: mulai dari para Pimpinan DPRD, Ketua Fraksi dan anggotanya, termasuk Sekretaris DPRD, hingga para karyawan termasuk office boy, satpam dan sopir; duduk sama rata di atas alas lantai. Semua menyantap menu yang sama, yang terdiri dari lontong kari dan kerupuk. Mereka dengan khidmat mendengarkan tausiah penceramah, sebelum kemudian bersalaman bermaaf-maafan.

Sungguh peristiwa tersebut terbilang langka berlangsung di dalam ruang rapat paripurna gedung megah DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Gedung ini terletak di kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya, Jalan Raya Baypass Bojongkoneng Singaparna.

Pasalnya, sesuai pengakuan H. Iing Farid Khozin, Sekretaris DPRD; gelaran halalbihalal dalam nuansa lesehan itu baru pertama kali digelar. Sebelumnya, halalbihalan dikemas dengan konsep yang berbeda.

“ Pesan yang kita tangkap dari kegiatan ini adalah kembali kepada hati nurani dan agama. Bahwa segala apa yang kita terima hari ini adalah ketentuan Allah SWT. Tinggal bagaimana kita memaknai dan menjadikan seluruh nikmat yang ada bermanfaat bagi umat,” ujar H. Iing Farid Khozin, Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya, seperti dilansir juga dalam koropak.com (18/06/2019)

Wa’tasimu bihablillah walaa tafarroquu, demikian sang penceramah menyitir ayat Alquran dalam tausiahnya. Artinya, “Bersatulah di jalan Allah dan janganlah bercerai- berai.” Dengan nuansa lesehan, semua pihak yang sehari-hari beraktivitas di sekitar gedung DPRD merasakan tali persaudaraan yang lebih intim. Satu sama lain untuk sejenak meletakkan jabatannya masing-masing.

“Yang saya dengar dari penceramah itu, di antaranya, bahwa di balik keterhormatan anggota DPRD itu ada peran serta juga dari seluruh individu yang terlibat di lingkungan DPRD. Kecil atau besar kontribusinya, sama saja sudah ikut menjaga kehormatan lembaga ini,” lanjut H. Iing lebih jauh.

H. Iing sendiri meyakini kalau kehormatan setiap individu atau lembaga sewaktu-waktu bisa saja tanggal, tergantung pada bagaimana individu tersebut menjaganya. Kedudukan hari ini, menurut H. Iing, sejatinya harus menularkan manfaat bagi sebanyak mungkin masyarakat.

Di pihak lain, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ruhimat, sebagaimana tertera pada laman koropak.com, Selasa (18/06/2019), berpesan kepada seluruh anggota DPRD yang terpilih untuk periode 2019-2024, untuk lebih bersemangat dan fokus menjaga marwah serta kehormatan DPRD Kabupaten Tasikmalaya; baik secara lembaga maupun personal.

“Junjung tinggi kesatuan dan persatuan. Jaga amanat rakyat demi kebaikan semua dan masyarakat luas di Kabupaten Tasikmalaya. Jangan cederai gelar terhormat di hadapan hati dan penglihatan rakyat,” pesan Ruhimat, seperti dapat diakses pada laman koropak.com.

Be the first to comment

Leave a Reply