DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dorong Pembangunan Jalan Lingkar

SINGAPARNA—Arus lalu lintas di wilayah Kecamatan Singaparna terjadi nyaris setiap hari. Terutama sekali pada jam kantor. Kenyataan ini, menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Erry Purwanto, sejatinya menjadi perhatian khusus pemerintah.

Sejauh pengamatan Erry, kepadatan kendaraan sering terjadi di beberapa titik. Antara lain di Perempatan Muktamar, Pertigaan Pasar Kudang, dan Alun-alun Singaparna. Pada titik-titik ini juga kepadatan lalu lintas kerap terjadi setiap menghadapi masa lebaran, mengingat banyak sekali masyarakat yang mudik.

“Tiap tahun, saat arus balik wilayah Kabupaten Tasikmalaya, khususnya Singaparna, selalu macet total, tidak bergerak. Ini harus jadi pemikiran bersama,” papar Erry, seperti ditulis ayotasik.com, Kamis (13/06/2019).

Bagi Erry, penyebab semua kejadian tersebut tidak lain dari sempitnya ruas jalan di tengah tingginya mobilitas warga di wilayah ibukota Kabupaten Tasikmalaya. Sehingga, solusinya, seiring dengan tumbuhnya perkembangan suatu daerah harus juga dibarengi dengan pembangunan jalan lingkar.

“Kami akan mendorong terhadap percepatan pembangunan jalan lingkar. Hal ini untuk memudahakan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Insya Allah kami akan usulkan kepada pemerintah daerah. Kami inginkan secepatnya dilakukan,” lanjut Erry Purwanto.

Pada dasarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya sudah menyusun rencana pembangunan jalan lingkar, sebagaimana sudah dimasukan ke dalam rencana pembangunan dan RPJMD tahun 2016-2021. Persoalannya, rencana ini mesti segera direalisasikan.

Rute jalan lingkar sendiri, sebagaimana sudah tertuang dalam perencanaan, nantinya akan membelah beberapa Kecamatan. Antara lain Kecamatan Padakembang, Kecamatan Leuwisawi dan Kecamatan Mangunreja.

Be the first to comment

Leave a Reply