Ikut Rayakan Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, DPRD Menggelar Sidang Paripurna lstimewaIkut Rayakan Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, DPRD Menggelar Sidang Paripurna lstimewa

SINGAPARNA—Tahun ini, Kabupaten Tasikmalaya menginjak usianya yang ke-387. Berdarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2015, hari jadi Kabupaten Tasikmalaya mesti diperingati setiap tanggal 26 Juli. Hal tersebut mengacu pada bukti peninggalan sejarah, berdasarkan momentum pengangkatan Ngabehi Wirawangsa sebagai Mantri Agung Bupati Soekapura. Memontun itu sendiri tertera pada Piagam Sultan Mataram tanggal 9 Muharam Tahun JIM akhir, bertepatan dengan tanggal 26 Juli 1632.

PADA hari peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya, seluruh warga ramai-ramai merayakan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya—mulai dari rakyat hingga pejabatnya. Bahkan, pada peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya tahun ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya merayakannya dengan menggelar “Sidang Paripurna Istimewa”.

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tasikmalaya berlangsung Jumat (26/07/2019), bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Sidang diawali dengan pembacaan sejarah Kabupaten Tasikmalaya. Drs. Asep Darisman selaku Kabag Humas dan Keprotokolan bertindak sebagai pembaca sejarah. Kemudian, di penghujung acara, disuguhkanlah penampilan seni Sunda.

Sidang itu sendiri tidak hanya dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Banyak pejabat penting lain yang turut serta. Antara lain Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, S.Ip; Wakil Gubernur Jawa Barat. H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E.; perwakilan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat; Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tasikmalaya; Bupati Tasikmalaya ke-20, Drs. H. Tatang Farhanul Hakim, M.Pd; para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya; tentu saja juga Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Ruhimat, M.Pd beserta Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya; berikut para tamu undangan lainnya.

“Hari jadi merupakan bentuk pengakuan terhadap awal mula kelangsungan perkembangan, perubahan ketatanegaraan dan penghargaan kepada para pelaku pemerintahan daerah Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Bupati Ade dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ade Sugianto juga memaparkan beberapa capaian Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya. Di antaranya, menurut Bupati Ade, Pembak Tasikmalaya sudah berhasil menekan angka kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya.

Klaim bupati tadi diperkuatnya dengan pengungkapan data, bahwa pada 2017 angka kemiskinan Kabupaten Tasikmalaya mencapai 10,84% atau setara dengan 183.350; sementara pada 2018 sebesar 9,85% atau setara dengan 172.410 jiwa. Dalam kata lain, terdapat penurunan sebesar 0,99% pada angka kemiskinan Kabupaten Tasikmalaya.

Di samping itu, Bupati Ade juga menginformasikan bahwa di antara keberhasilan pemerintahannya terbukti dari beberapa penghargaan yang diterimanya. Salah satu penghargaan tersebut adalah Kabupaten Tasikmalaya sebagai Kabupaten Layak Anak tahun 2019, yang diterima dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Atas keberhasilan-keberhasila tersebut, Bupati Ade mengucapkan banyak terima kasih yang ditujukan kepada seluruh komponen Kabupaten Tasikmalaya, yang dinilainya sudah ikut membangun Kabupaten Tasikmalaya.

“Karena itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, agar menjadikan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ini sebagai momentum untuk memicu dan memacu semangat serta menjadi motivasi untuk menyatukan hati dan pikiran, untuk bersama-sama membangun kabupaten yang kita cintai ini, terutama dalam mewujudkan visi Kabupaten Tasikmalaya yang religius atau Islami, dinamis, berdaya saing di bidang agribisnis berbasis perdesaan,” ajak Bupati Ade.

Di pihak lain, H. Ruhimat selaku Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, menegaskan bahwa pihaknya selaku lembaga legislatif akan senantiasa memosisikan diri sebagai mitra kerja yang tetap kritis bagi eksekutif.

“Kami tetap concern memberikan sumbangan yang konstruktif demi peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik. Momentum Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya adalah tuntutan akan kemampuan melakukan evaluasi dan introspeksi diri terhadap apa yang telah diperbuat dan rencana tahun yang akan datang bagi kepentingan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Ruhimat, seperti dikutif indikatornews.com, Sabtu (27/07/2019).

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.