Fraksi PDI Perjuangan Mengapresiasi Semua Kinerja Pemerintah

Juru bicara Fraksi Partai Gerindra, Yayat Hidayat membacakan pandangan umum fraksinya terkait LKPJ Bupati Tasikmalaya tahun anggaran 2020.

SET.DPRD-Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan tujuh poin pandangan umumnya, terkait LKPJ Bupati Tasikmalaya tahun anggaran 2020. Pandangan umum tersebut disampaikan dalam rapat paripurna, Senin (29/3/2021).

Pertama, Fraksi PDI Perjuangan memahami adanya pos pendapatan daerah yang tidak mencapai target. Namun tetap mengapresiasi pemerintah yang tetap berupaya keras terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan slogan #tasikmelayani.

Kedua, terkait belanja daerah. Fraksi PDI Perjuangan mendorong pemerintah agar menjadikan perhatian soal masih tingginya belanja pegawai yang mencapai 50% lebih dari realisasi belanja tidak langsung. Mekanisme besaran tunjangan kinerja terhadap ASN harus dilakukan dengan adil, objektif, transparan, dan konsisten sesuai dengan berat-ringannya suatu jabatan.

Ketiga, Fraksi PDI Perjuangan mengapresisasi keberhasilan penyelenggaraan urusan pendidikan yang di antaranya ditunjukkan dengan meningkatnya indeks pendidikan, meningkatnya angka harapan lama sekolah, dan lain sebagainya. Namun tetap berharap agar Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan dapat membuka kembali sekolah-sekolah untuk pelajaran tatap muka.

Keempat, Fraksi PDI Perjuangan mengapresisasi capaian kinerja penyelenggaraan urusan kesehatan, penyelenggaraan urusan sosial, urusan pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak. Juga berharap semua capaian kinerja tersebut dapat ditingkatkan pada tahun 2021.

Kelima, Fraksi PDI Perjuangan memandang ada capaian kinerja yang cukup positif dalam penyelenggaraan urusan pertanian, peternakan, perikanan, ketahanan pangan, perindustrian, koperasi, UKM, dan tenaga kerja serta pariwisata. Meskipun di lapangan ada beberapa kekurangan yang perlu mendapat evaluasi dan perbaikan.

Keenam, Fraksi PDI Perjuangan juga memandang capaian positif dalam bidang penyelenggaraan urusan pekerjaan umum, penataan ruang, perhubungan, dan penanggulangan bencana. Khusus di bidang ruas jalan dan irigasi, perlu ada lompatan besar dari pemerintah untuk meningkatkan rasionya.

Ketujuh, Fraksi PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas beberapa capaian yang baik dalam urusan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik; seperti meningkatnya hasil penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (SAKIP) pada 2020. Begitu juga dengan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah oleh pemerintah provinsi terhadap LLPD Kabupaten Tasikmalaya. Di mana hasilnya sangat tinggi serta adanya peningkatan terhadap nilai indeks kepuasan masyarakat. Persisnya dari 78,38 pada 2019 menjadi 78,93 pada 2020.(Sumber – kabarparlemen.id).

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.