Exit Tol Bandung-Cilacap di Dekat Puskesmas Tinewati

SINGAPARNA—Sebuah rencana pembangunan jalan Tol Bandung-Cilacap sudah disusun. Tol ini akan melintasi sejumlah wilayah di Kabupaten Tasikmalaya. Antara lain Kecamatan Salawu, Cigalontang, Singaparna, Leuwisari, Manonjaya, Cineam, dan Karangjaya. Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri akan disediakan gerbang keluar-masuk tol. Atau lebih populer disebut “exit tol”.

Menurut keterangan dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PU-PR) Kabupaten Tasikmalaya, Yusep Yustisiawandana, lokasi exit tol akan berada di daerah Singaparna. Tepatnya di Kecamatan Cikunten; dekat Puskesmas Tinewati.

“Kabupaten Tasikmalaya termasuk dalam rencana pembangunan segmen pertama Tol Bandung-Cilacap. Sama dengan Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya,” terang Yusep, sebagaimana disampaikannya ke Pikiran Rakyat, Kamis (26/09/2019).

Yusep menjelaskan lebih jauh, bahwa projek pengerjaan pembangunan Tol Bandung-Cilacap dipegang langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pemerintah daerah memiliki kewenangan sebatas menyosialisasikannya.

“Proses lelang akan berlangsung Desember 2019. Proses pembebasan tanah selama dua tahun, dari April 2020 hingga April 2022. Setelah itu masuk tahapan kontruksi tahap satu, yaitu segmen Gedebage-Tasikmalaya, sepanjang 95,2 kilometer. Waktu pengerjaan pada 2022-2024. Target awal pengoperasian April 2024,” lanjut Yusep.

Dalam keyakinan Yusep, exit tol akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya; khususnya masyarakat Singaparna. Antara lain akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sebab perekonomian diprediksi akan meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung daerah wisata.

Pengembangan potensi wisata sendiri sudah menjadi salah satu program prioritas pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Bupati Ade Sugianto bahkan menilai bahwa potensi perdagangan, kreativitas penduduk dan potensi wisata Kabupaten Tasikmalaya kami sangat tinggi.

“Keberadaan jalan tol ini harus membawa kebaikan yang lebih pada masyarakat Tasikmalaya. Karena akses masuk bagi pengunjung atau wisatawan lebih mudah untuk menikmati berbagai destinasi wisata Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Ade.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.