Di Kabupaten Tasikmalaya, 3.486 Lembar Surat Suara Rusak

KPUD Kabupaten Tasikmalaya melakukan menyortiran dan pelipatan surat suara. Hal ini dilakukan dalam rangka menyongsong berlangsungnya Pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019. Pada prosesnya, KPUD menemukan sebanyak 3.486 lembar surat suara rusak; mencakup semua jenis surat suara.

MENURUT Fahrudin, Wakil Ketua Divisi Logistik dan Rumah Tangga KPUD Kabupaten Tasikmalaya, jenis kerusakannya beragam. Mulai dari adanya bercak tinta, surat suara sobek, dan ada juga cetakannya yang tembus pandang.

“Kerusakan yang paling banyak, di surat suara Pilpres. Totalnya mencapai sebanyak 1.431 lembar. Surat suara DPRD sebanyak 420 surat suara; DPRD sebanyak 561 surat suara; DPR RI sebanyak 523 surat suara; dan DPD RI sebanyak 551 surat suara,” ujar Fahrudin.

Temuan tersebut hasil dari proses menyortir dari sebanyak 1.366.645 surat suara yang diterima, sesuai dengan jumlah DPT Kabupaten Tasikmalaya. Karena itu, KPUD Kabupaten Tasikmalaya mengalami kekurangan sebanyak 9.687 surat suara. Selain diakibatkan adanya kerusakan, kekurangan juga termasuk belum terpenuhinya cadangan 2% per TPS.

“Kita sudah sampaikan kepada KPU RI. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera ada pengiriman surat suara pengganti untuk menutupi kekurangan,” lanjut Fahrudin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.