Bupati Ade Mengajak Masyarakat Memajukan Sektor Koperasi

LEUWISARI—Minggu (4/8/2019), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya menggelar acara puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-72 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja tersebut bertempat di Lapang Jayaraga, Kecamatan Leuwisari.

UNTUK menambah gebyar Peringatan Hari Koperasi kali ini, pihak panitia mengisinya dengan kegiatan gerak jalan santai. Untuk menarik minat masyarakat, disediakanlah kambing dan sapi sebagai hadiah. Amud, seorang pria asal kampung Rawa Bolodog, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari; beruntung mendapatkan seekor kambing. Sementara pemenang hadiah unggulan berupa seekor sapi adalah Uci Sanusi, salah satu nasabah Koperasi Pensiunan dari Kecamatan Bantarkalong.

Melalui rangkaian kegiatan tersebut, menurut Yogi Cahyawan selaku ketua panitia penyelenggara, semoga menjadi momentum agar semua pihak dapat bersama mendukung serta memajukan koperasi. Pasalnya, seiring dengan tumbuh kembangnya koperasi, akan turut pula peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Berdasarkan data yang kami miliki, saat ini se-Kabupaten Tasikmalaya terdapat 159 koperasi aktif. Itu tersebar di 351 desa dan 39 kecamatan,” ujar Yogi.

Sementara itu, pada puncak acara Peringatan Hari Koperasi ke-72, turut hadir juga Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, S.Ip dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Tasikmalaya, H. Hasan, S.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ade membacakan sambutan Menteri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Republik Indonesia; yang isinya antara lain berupa harapan supaya koperasi tetap dapat beradaptasi dalam menyongsong era industri 4.0. Lebih jauhnya, koperasi juga dapat merangkul serta berkolaborasi dengan generasi millenial, yang jumlahnya mencapai sepertiga penduduk Indonesia.

Secara pribadi, Bupati Ade sendiri memiliki impian di mana semua pihak di Kabupaten Tasikmalaya dapat bersama-sama memajukan sektor koperasi. Ia juga mengingatkan bahwa salah satu pendiri koperasi adalah pituin Tasikmalaya.

“Karena itulah saya berharap koperasi di Kabupaten Tasikmalaya dapat menjadi contoh bagi koperasi lain di Indonesia. Mari kita bangun jati diri kita melalui koperasi sebagai tulang punggung ekonomi yang sebenarnya,” Bupati Ade menegaskan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.