Bumades Panca Mandala, Bumades Pertama Penyedia Jasa Jaringan Komunikasi

JATIWARAS—Galibnya, satu desa punya satu badan usaha milik desa, atau lebih populer dikenal Bumdes. Tetapi tidak sedikit juga beberapa desa yang menjalin kolaborasi badan usaha. Dalam kata lain disebut Badan Usaha Milik Antardesa (Bumades). Di Kabupaten Tasikmalaya, satu dari sekian Bumades yang ada adalah Bumades Panca Mandala.

BUMADES Panca Mandala berlokasi di Desa Mandala Mekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya. Bumades ini merupakan hasil kolaborasi lima desa yang menginduk ke Kecamatan Jatiwaras. Adapaun keistimewaannya, sebagaimana diberitakan jabarprov.go.id, Bumades yang sudah berjalan sekitar dua tahun ini adalah Bumades pertama di Indonesia yang bergerak di bidang penyedia jasa jaringan komunikasi internet.

“Awalnya kita membentuk badan usaha yang bergerak di bidang produk unggulan lokal seperti hasil bumi dan lain-lain. Pada perkembangannya, kami kesulitan memasarkan hasil produk dan mencari informasi untuk mengembangkannya. Maka lahirlah usaha penyedia jaringan komunikasi, terutama internet, yang justru menjadi produk utama kami saat ini,” Irman Meilandi, Direktur Utama Bumades Panca Mandala, berkisah seperti dikutip jabarprov.go.id, Kamis (29/8/2019).

Bumades Panca Mandala sudah mempiliki sedikitnya 100 pelanggan, dengan omset mencapai lebih dari Rp 60 juta per bulan.

“Itu karena banyak permintaan dari desa-desa, bahkan rumah atau perseorangan, untuk pemasangan jaringan inrernet baik hardwere, softwere termasuk juga pembuatan tower untuk antena internetnya,” lanjut Irman.

Untuk meninjau langsung keberhasilan Bumades Panca Mandala itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Infomatika (Diskominfo) Kabupaten Tasikmalaya mengunjunginya pada Kamis (29/8/2019). Kunjungan tersebut juga diikuti oleh Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat. Bahkan hadir pula Staf Presiden Deputi 2, Agung Hardjono; Kadis Kominfo Jawa Barat, Setiaji, ST., M.Si; dan Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya.

“Dengan pemanfaatan TI yang baik oleh Bumades Panca Mandala, otomatis  banyak permasalahan bangsa yang dapat diselesaikan. Dengan peningkatan ekonomi desa diharapkan migrasi penduduk dapat ditekan, pembangunan lebih merata, serta berkurangnya kesenjangan antara pembangunan di perdesaan dan perkotaan. Saya harap sistem pemberdayaan ini dapat diikuti oleh Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat,” Setiaji menuturkan, seperti dikutif tasikmalayakab.go.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.