Audiensi KNPI ke DPRD Terkait Perda Kepemudaan

SINGAPARNA— Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (25/10/2019). Tujuan DPD KNPI adalah melangsungkan audiensi dengan anggota legislasi yang baru.

Kedatangan DPD KNPI langsung di bawah pimpinan Ketua Umum, Nana Sumarna. Menurut Nana, kedatangan DPD KNPI kali ini adalah yang pertama, sejak pergantian periodesasi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

“Kedatangan kami menemui Pimpinan DPRD dalam rangka bersilaturahmi. DPRD yang sekarang ini kan masih baru, belum genap satu bulan dilantik,” ujar Nana.

Di samping itu, DPD KNPI juga membawa misi untuk mengingatkan kembali, bahwa lembaha legislasi masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang belum tuntas. Terutama sekali bertalian dengan Perda Kepemudaan.

“Mumpung masih segar, kita ingatkan bahwa PR DPRD sebelumnya belum rampung. Perda Kepemudaan sempat beberapa kali mau disidangkan, tapi sampai sekarang masih belum jelas,” lanjutnya.

Bagi KNPI, sebagaimana disampaikan Nana lebih jauh, dari sekian kabupaten di Jawa Barat, hanya Kabupaten Tasikmalaya yang belum mempunyai Perda Kepemudaan. Hal tersebut dianggapnya sangat krusial, mengingat pemberdayaan pemuda menjadi salah satu sekala prioritas pembangunan SDM pemerintah. Dalam kata lain, bagi KNPI, pemerintah daerah tidak mungkin melakukan pemberdayaan pemuda tanpa regulasi yang jelas.

Posisi KNPI sendiri, di ranah kepemudaan, cukup vital. KNPI menghimpun hampir semua perwakilan organisasi kepemudaan yang ada. Total ada 70 organisasi kepemudaan yang menginduk ke DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya.

Mengingat kenyataan tersebut, tidak berlebihan jika pemerintah memosisikan KNPI sebagai mitra strategis pemerintah. Keterlibatan KNPI dalam setiap rencana pembangunan daerah yang disusun pemerintah justru dapat memperkaya gagasan.

Kedatangan DPD KNPI mendapat sambutan baik dari DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Ketua DPRD, Asep Sopari, bahkan memimpin langsung dialog antarkedua belah pihak.

“Kami mengapresiaisi dan menyambut baik kedatangan DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya. Kami juga akan menyerap semua aspirasi yang disampaikan, serta mendorong KNPI untuk melakukan terobosan-terobosan baru untuk mendorong pemerintah,” ujar Asep.

Sedemikian jauh Asep bahkan berharap supaya pihaknya bisa keluar dari jebakan-jebakan rutinitas. Kemajuan Kabupaten Tasikmalaya, baik sektor kepemudaan, wisata, perempuan dan anak, serta disektor lainnya memerlukan perkembangan inovasi dan kekayaan gagasan. Kian banyak mitra mingkin akan kian memperingan tugas pemerintah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.