Disdukcapil Kejar Target Pencetakan KTP-el

Warga negara Indonesia yang tidak memiliki KTP-el dapat dipastikan tidak dapat menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu, 17 April 2019. Karena itu, sebagai salah satu wujud persiapan hajatan demokrasi tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya terus mencetak kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran.

KEPALA Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, H Najmudin SIP., MSi., menegaskan kalau pencetakan dokumen kependudukan tersebut terus digenjot. Harapannya dapat segera diselesaikan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Setiap hari kita layani, berapa pun pemohonnya. Agar pencapaian percepatan pembuatan KTP-el, KK dan akta kelahiran bisa selesai sampai 100 persen,” terang Najmudin, Rabu, 13 Februari 2019.

Berkat kerja getol semua perangkat Disdukcapil, lanjut Najmudin, saat ini pencetakan KTP-el sudah mencapai 98% dari total warga yang wajib memiliki kartu tanda penduduk. Sedangkan pencetakan KK baru 87%. Sementara pencetakan akta kelahiran baru mencapai 85%.

“Untuk pencetakan KK, sebetulnya yang kita kerjakan itu sudah melebihi target yang ditentukan oleh pemerintah pusat, yang menargetkan sebesar 82 persen sampai Desember tahun kemarin. Pada intinya, percepatan penerbitan dokumen kependudukan ini bisa berdampak terhadap persiapan jelang Pemilu 2019,” lanjut Najmudin.

Selain percepatan, Disdukcapil juga menyiapkan surat keterangan (Suket) sebagai syarat dalam menyalurkan hak pilihnya pada hajat demokrasi lima tahunan. Suket dikeluarkan apabila pemilih belum memiliki KTP-el.

Di samping Najmudin, Wini selaku Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya juga ikut menambah informasi.

“Untuk mempercepat pencetakan KTP-el ini kami memberikan pelayanan bagi 2.000 orang per hari, sehingga pencetakannya bisa lebih cepat,” jelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.